Search
Pencari Kerja Bergabung

Ship Available

Ship Available

Ship Available  - Indonesia memiliki wilayah laut sebesar 64,97% dari total keseluruhan wilayah. Tentunya, keunggulan Indonesia di sektor kelautan perlu dimaksimalkan karena memiliki potensi besar untuk menambah sumber kekayaan negara. Melalui besarnya wilayah laut, perairan Indonesia dihuni oleh banyak kapal yang masing-masingnya memiliki fungsi dan kinerja berbeda. Menurut penasehat Indonesia Maritime Forum (IMF), Muhajirin Tohir , keberadaan kapal-kapal niaga nasional saat ini rata-rata  500 -1500 Grt, pada 2015 silam.

Jenis Kapal Yang Terdapat Diperairan Indonesia

Jenis Kapal Penumpang
Kapal Penumpang atau Passenger Ship memiliki fungsi untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang cukup banyak. Kapal penumpang memiliki beberapa jenis lagi, di antaranya kapal pesiar, kapal samudra, dan kapal feri.

1. Kapal Pesiar
Kapal pesiar merupakan jenis kapal penumpang yang digunakan untuk tujuan pelayaran pesiar. Tujuan penumpang menaiki kapal pesiar guna menikmati waktu yang ingin dihabiskan di atas kapal pesiar tersebut. Kapal pesiar memiliki ragam fasilitas penginapan dan perlengkapan layaknya hotel berbintang. Rute perjalanan kapal pesiar selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatannya. Jadi, kapal pesiar selalu memulai dan mengakhiri perjalannya di tempat yang sama.

2. Kapal Samudra
Kapal penumpang ini identik dengan kapal pesiar. Jenis kapal ini memiliki fasilitas yang mirip dengan kapal pesiar seperti penginapan dan perlengkapan. Namun, rute perjalanan yang digunakan pada kapal samudra berbeda dengan kapal pesiar. Kapal samudra berangkat dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lain. Kapal Titanic termasuk jenis kapal Samudra.

3. Kapal Feri
Kapal Feri merupakan kapal yang digunakan untuk transportasi penyebrangan laut maupun sungai yang mengangkut penumpang berserta kendaraannya. Biasanya, kendaraan yang diangkut beragam. Mulai mobil pribadi, bus, truk, hingga semi-trailer. Jelasnya, kapal Feri hanya digunakan sebagai penyebrangan laut dan sungai.

Jenis Kapal Barang
Kapal barang merupakan jenis kapal yang paling sering dijumpai karena bukan hanya jumlahnya yang banyak, malinkan jenis kapalnya juga beragam. Mulai kapal container, kapal tanker, kapal pengangkut barang curah, kapal pengangkut mobil, dan lain sebagainya.

1. Kapal Peti Kemas
Kapal container atau kapal peti kemas merupakan jenis kapan khusus yang digunakan untuk mengangkut container yang berukuran standar. Jenis kapal ini memiliki palka untuk menyimpan peti kemas ukuran standar. Biasanya peti kemas diangkat ke atas kapal lewat pelabuhan terminal peti kemas dengan menggunakan derek khusus. Jenis kapal ini sangat tidak asing bagi kamu karena populasinya sangat banyak.

2. Kapal Tanker Minyak
Kapal tanker memiliki fungsi untuk mengangkut cairan minyak. Ada dua jenis tanker pengangkut minyak, yaitu kapal tanker pengangkut minyak jadi dan kapal tanker pembawa minyak mentah. Jenis kapal pengangkut minyak mentah biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil. Jenis kapal ini dibuat dengan monstruksi yang kokoh dan tidak boleh ada minyak yang diangkutnya tumpah ke laut.

3. Kapal Pengangkut Barang Curah
Kapal pengangkut barang curah merupakan jenis kapal barang yang memiliki fungsi untuk mengangkut barang-barang curah seperti batu bara, semen, biji-bijian, bijih logam, dan lain sebagainya. Jenis kapal laut ini memiliki palka atau rongga-rongga kargo yang terpisah.

4. Kapal Pengangkut Barang Berat
Kapal pengangkut barang berat merupakan jenis kapal yang dirancang untuk mengangkut barang dengan ukuran superbesar yang melebihi ukuran kapal tersebut. Jenis kapal ini mengangkut kapal lain. Barang yang dibawa bisa berupa peralatan kilang minyak ataupun kapal besar lainnya. Tempat kargo pada kapal ini tidak dibatasi oleh pagar, sehingga memungkinkan barang bisa diangkut dari arah manapun. Untuk mengangkut kapal besar lain seperti kapal pesiar, sebagian badan kapal pengangkut dapat ditenggelamkan. Kemudian kapal pesiar digeser ke atas area yang ditenggelamkan tersebut.

5. Tongkang
Kapal tongkang merupakan jenis kapal yang mengangkut barang. Sebenarnya kapal tongkang tidak bisa disebut sebagai kapal, karena tidak memiliki mesin sendiri. Kapal ini harus digandeng dengan kapal tunda tugboat.

Jenis Kapal Fungsional
Kapal fungsional merupakan jenis kapal yang tidak digunakan untuk mengangkut orang ataupun barang, melainkan berfungsi untuk menjalankan tugas-tugas tertentu. Jenis kapal laut fungsional seperti kapal tunda, kapal derek, kapal pengeboran, dan masih banyak lagi.

1. Kapal Tunda
Kapal tunda merupakan kapal kecil yang memanuver kapal dengan mendorong atau menarik mereka. Kapal tunda juga memindahkan kapal yang dalam suatu kondisi tidak bisa bergerak sendiri seperti kapal tongkang, kapal rusak, atau platform minyak. Kapal tunda biasanya berguna sebagai pembuka pintu laut pelabuhan atau sebagai kepal penyelamatan. Kapal tunda memiliki mesin uap, namun saat ini mesin diesel yang kerap digunakan.

2. Kapal Derek
Kapal derek merupakan jenis kapal berukuran raksasa yang dilengkapi dengan beberapa derek raksasa. Kapal jenis ini berfungsi untuk mengangkat barang berat ataupun membantu pekerjaan konstruksi di lepas pantai.

3. Kapal Pengebor
Kapal pengebor merupakan kapal yang dilengkapi dengan peralatan pengeboran. Kapal ini memiliki fungsi untuk mengebor minyak batu bara atau sumur gas di perairan dalam laut atau pengeboran ilmiah.

4. Kapal Pengeruk
Kapal pengeruk merupakan kapal penggali yang biasanya beroperasi dengan kegiatan pengerukan. Kapal ini dapat menghasilkan bahan pasir untuk tujuan reklamasi. Biasanya kapal menyedot pasir di dasar laut yang kemudian dikumpulkan di suatu tempat untuk reklamasi.

Jenis Kapal Angkatan Laut
Kapal angkatan laut berfungsi untuk operasi militer laut. Biasanya yang paling sering diketahui adalah kapal induk, kapal perang, dan kapal selam.

1. Kapal Perang
Kapal perang merupakan kapal yang dibuat khusus untuk bertempur. Kapal perang dibuat dengan cara yang sangat berbeda dengan kapal laut biasanya. Selain sebagai senjata perang, jenis kapal laut ini juga dirancang untuk menahan tembakan dari musuh. Kapal perang hanya membawa senjata, amunisi, dan pasokan peralatan untuk awaknya sendiri.

2. Kapal Patroli
Kapal patrol merupakan kapal angkatan laut yang relatif kecil. Biasanya kapal jenis ini dirancang untuk tugas-tugas pertahanan di pesisir pantai. Ada banyak sekali desain kapal patrol. Jenis kapal ini umumnya ditemukan dalam berbagai peran perlindungan perbatasan, termasuk anti penyelundupan, anti pembajakan, patroli perikanan, dan penegakan hukum imigrasi.

3. Kapal Selam
Kapal selam merupakan kapal yang didesain khusus untuk bergerak di bawah permukaan air. Umumnya kapal ini digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Sebagain besar ankatan laut memiliki kapal jenis ini.


 

Tags

Add Comment

Pencarian :

Artikel Terbaru

Hadirkan perusahaan - Jasa dan produk anda

Untuk tampil dan hadir di tiap-tiap Pelabuhan Indonesia