>

Artikel details

Pengetahuan Umum tentang ShipsApp dan Maritim Indonesia

Keagenan Kapal

21 November 2020 | Artikel | Yuswan Armadian | 5422

Keagenan Kapal - Definisi keagenan adalah hubungan berkekuatan secara hukum yang terjadi bilamana dua pihak bersepakat membuat perjanjian, dimana salah satu pihak dinamakan agen (Agent) setuju untuk mewakili pihak lainnya yang dinamakan pemilik (Principal) dengan syarat bahwa pemilik tetap mempunyai hak untuk mengawasi agennya mengenai kewenangan yang dipercayakan kepadanya.

Pengertian Agen Kapal
Pengertian agen kapal ialah apabila suatu kapal berlabuh di suatu pelabuhan maka kapal tersebut memerlukan pelayanan dan mempunyai berbagai keperluan yang harus dipenuhi. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut perusahaan pelayaran yang tidak mempunyai cabang disuatu pelabuhan akan menunjuk perusahaan pelayaran lain yang berada di pelabuhan tersebut sebagai agen atau perwakilannya.

Jenis-Jenis Agen
Secara garis besar ada 3 jenis agen yaitu : General Agent, Sub Agent atau Agen dan Cabang Agen

1.General Agent (Agen Umum)
Adalah suatu perusahaan pelayaran asing yang menunjuk perusahaan pelayaran nasional untuk melayani kapal-kapal miliknya ( perusahaan pelayaran asing ), selama berlayar dan singgah di pelabuhan di Indonesia. Persyaratan sebagai General Agent (KM 33 Tahun 2001, Bab V, Pasal 45 Ayat (1) s.d (4). 

a. Perusahaan Pelayaran Indonesia yang memiliki kapal berbendera Indonesia berukuran minimal 5.000 GRT baik secara kumulatif.

b. Memiliki bukti Perjanjian Keagenan Umum (Agency Agreement) atau Surat Keagenan Umum (Letter of Appointment)

2. Sub Agent
Adalah suatu perusahaan pelayaran yang ditunjuk oleh General Agent untuk melayani kebutuhan kapal di suatu pelabuhan. Sub agen ini sebenarnya berfungsi sebagai wakil atau agen dari general agent.

3. Cabang Agent
Adalah cabang dari General Agent di suatu pelabuhan tertentu.

Secara garis besar dalam usaha pelayaran niaga terdapat 2 jenis sistem pelayaran yaitu liner dan tramper. Pelayaran liner akan menunjuk general atau booking agent untuk mengurus muatan dan kapalnya. Sedangkan tramper akan menunjuk agen khusus (special agent) karena hanya di pakai pada saatnya kapal miliknya di-carter di suatu pelabuhan dimana kapal melakukan bongkar ataupun muat.

SHIPSAPP INDONESIA
ShipsApp merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan membantu usaha shipping dalam memudahkan proses bisnis yang lebih mudah dan market yang lebih luas.

Apa kegunaan perusahaan Anda bergabung dengan Shipsapp?
Perusahaan anda dapat tampil di applikasi dan diwebsite shipsapp, yang bisa di booking, chatting dengan Anda langsung oleh calon customer anda. Perusahaan anda bisa menentukan tarif produk dan jasa anda sendiri, semua pembayaran transaksi bebas di tentukan oleh perusahaan anda, langsung transfer ke rekening anda, COD, cek atau virtual bank sesuai dengan ketersediaan rekening perusahaan anda, akan tetapi pihak shipsapp menawarkan pola pembayaran melalui payment gateway sendiri yang bebas digunakan  atau tidak. Shipsapp menjadi marekting GRATIS untuk perusahaan anda untuk memarketkan perusahaan anda siap di booking di pelabuhan dimana perusahaan anda berada

Perusahaan anda mendapatkan fitur menambahkan service, menghitung epda, mendapatka port info, time sheet dan dapat closing FPDA secara otomatis, dan perusahaan anda bebas menentukan perhitungan termasuk pajak atau tidak. Perusahaan keagenan anda dapat menambahkan pelabuhan-pelabuhan lainnya untuk tampil di port mana saja anda ingin tampil, seperti Local Agent ataupun General Agent ( Berbayar) sebesar 75.000 per pelabuhan

Apakah shipsapp berbayar ?
Untuk tampil dalam 1 pelabuhan ( Local Agent ) baik di applikasi dan di website TIDAK DIPUNGUT BIAYA SELAMA 1 TAHUN  Applikasi TIME SHEET dapat GRATIS untuk 2 petugas Boarding Officer

Apa syarat menjadi mitra shipsapp ?
Memiliki badan hukum tetap untuk perusahaan
Memilik Rekening Perusahaan atau perorangan
Memilik SIUPKK dan PMKU
Memiliki NPWP
Memiliki NIB
Alamat Kantor
Telp
Email 
Whatsapp Marketing

Bagaimana cara mendaftar di shipsapp ?
Mendaftarkan diri langsung di sini
Whatsapp marketing shipsapp
Chating lansung di website shipsapp
Upload file
Setting Profile
Tentukan Tarif
Masukkkan layanan

Apa saja  Fitur shipsapp ?
Kalkulasi EPDA otomatis
Perusahaan listing keagenan baik applikasi maupun website
Pusat informasi pelabuhan
Cek EPDA
Time Sheet real time
Pilihan pembayaran
Vessel Track / Track posisi kapal ( Berbayar )
Line UP semua port / Port Calls per Port  ( Berbayar )
Berita pelabuhan
Booking Hotel
Booking Pesawat
Booking Tiket Pelni
Isi pulsa
Informasi Port of Call ( Bebayar )
Menambahkan Port Local agent atau general agent ( Berbayar )
Vessel Search ( Bebayar )
Next Port / ETA Calculation ( Berbayar )
Port Calls per Vessel ( Berbayar )
Vessel Route to next Port (Berbayar)


 

Komentar

Berikan masukan dan informasi yang positif untuk masyarakat luas

Copyright © 2021 | PT.Xspace Pratama Duta - PT.MDB | Maritime Applications. All Rights Reserved