Search
Pencari Kerja Bergabung

Dermaga

Dermaga

Dermaga adalah sarana pelabuhan sebagai objek penghubung antar dua moda transportasi laut dan darat. 

Dermaga adalah tempat kapal bersandar.

Dermaga adalah tempat kegiatan bongkar muat barang dari dan ke atas kapal.

Selain tempat bongkar muat barang, dermaga juga berfungsi sebagai tempat naik turunnya orang atau penumpang dan hewan.

Dermaga juga digunakan sebagai tempat pengisian bahan bakar kapal, air tawar, spareparts kapal serta barang-barang lain kebutuhan kapal seperti kebutuhan makanan dan kelengkapan kerja awak kapal.

Jenis Dermaga diantaranya yaitu:

1. Dermaga Umum, yaitu dermaga yang diperuntukan untuk bongkar muat barang umum/general cargo.

2. Dermaga khusus, yaitu dermaga yang peruntukannya khusus untuk barang-barang khusus yang tidak dapat dicampur dengan barang lain, seperti barang curah cair, gas dan barang berbahaya, dimana alat bongkar muat yang dibutuhkan menyesuaikan kebutuhan seperti pipa minyak dan pipa gas.

3. Dermaga Curah, yaitu dermaga yang diperuntukan untuk bongkar muat barang curah kering seperti batubara yang menggunakan conveyor.

4. Dermaga Marina, yaitu dermaga yang diperuntukan untuk kapal-kapal pesiar dan speed boat.

5. Dermaga Kapal Ikan, yaitu dermaga yang diperuntukan untuk kapal-kapal nelayan.

Tipe Dermaga diantaranya yaitu:

1. Dermaga Quay Wall, yaitu dermaga yang terbuat dari konstruksi baja/beton dan strukturnya sejajar pantai. Dermaga ini memiliki kedalaman kolam yang cukup karena kontur pantai yang tidak landai. Dermaga tipe ini sering juga disebut sebagai pelabuhan alam karena kedalaman kolamnya yang memadai untuk kapal bersandar.

2. Dermaga Dolphin, yaitu dermaga yang menjorok ke tengah laut terhubung dengan trestel hingga mendapatkan kedalam kolam yang cukup agar memadai untuk kapal sandar. Konstruksi dermaga ini menggunakan tiang pancang sebagai tumpuan dermaga. Dermaga tipe ini biasanya digunakan untuk bongkar muat barang curah cair seperti minyak.

3. Dermaga Jetty, yaitu dermaga terapung yang umumnya digunakan untuk naik turunnya penumpang kapal sungai/danau yang dermaganya tidak membutuhkan konstruksi yang kuat seperti dermaga untuk kapal barang.

 

 

Tags

Add Comment

Pencarian :

Artikel Terbaru

Hadirkan perusahaan - Jasa dan produk anda

Untuk tampil dan hadir di tiap-tiap Pelabuhan Indonesia