Search
Pencari Kerja Bergabung

Crewing

Crewing

Crewing adalah istilah dalam bidang pelayaran untuk pengawakan kapal. Crewing company adalah perusahaan jasa pengawakan kapal. Crewing company pada umumnya disebut sebagai crewing agent atau ship manning agent. 

Di Indonesia perusahaan pengawakan kapal wajib memiliki izin berupa SIUPPAK (Surat Izin Perekrutan dan Penempatan Awak Kapal) selain harus memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) yang terdaftar di OSS (Online System Submition). Pemilik kapal yang memiliki izin SIUPAL (Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut) juga dapat menyediakan awak kapal untuk kapal milik sendiri.

Sebagai crewing agent, jasa tersebut melakukan perekrutan awak kapal untuk diinterview, diperiksa kelengkapan dokumen dan sertifikasinya sesuai kebutuhan kapal, serta dilakukan pemeriksaan kesehatan terlabih dahulu melalui klinik atau dokter yang direkomendasikan sebelum awak kapal ditugaskan di atas kapal.

Awak kapal yang dimaksud adalah mulai dari Nakhoda, perwira kapal lainnya, ABK, Chief Cook hingga Mess Mate untuk di atas kapal. Awak kapal disalurkan ke kapal asing dan dalam negeri sesuai kualifikasi yang dimiliki.

Peraturan terkait yang mengatur tata cara pengawakan kapal, di atur dalam beberapa peraturan pemerintah, diantaranya yaitu:

1. Undang-Undang Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran.

2. Peraturan Kementerian Perhubungan nomor PM 84 tahun 2013 tentang Perekrutan dan Penempatan Awak Kapal.

3. Peraturan Kementerian Perhubungaan nomor 58 tahun 2021 tentang Sertifikasi Maritime Labour Convention.

Dimana bisa mendapatkan informasi lowongan kerja?

Sangat banyak perusahaan yang memiliki website yang mengumumkan lowongan kerja, tapi sekarang anda sudah bisa mencarinya di laman shipsapp untuk mendapatkan informasi valid lowongan kerja dan diklat yang anda butuhkan.

 

Tags

Add Comment

Pencarian :

Artikel Terbaru

Hadirkan perusahaan - Jasa dan produk anda

Untuk tampil dan hadir di tiap-tiap Pelabuhan Indonesia