Search
Pencari Kerja Bergabung

Container Yard

Container Yard

Container Yard adalah lapangan penumpukan yang diperuntukan sebagai tempat penyimpanan petikemas dimana petikemas disusun rapi menggunakan top loader, side loader, super stacker atau RTGC (Rubber Tired Gantry Crane).

Container yard dapat di temukan di container terminal, container depo atau container freight station.

Perbedaanya adalah:

1. Container Terminal, dimana container yard merupakan salah satu sarana untuk penumpukan petikemas isi dan petikemas kosong, baik yang baru dibongkar dari atas kapal atau akan dimuat ke atas kapal.

2. Container Depo, dimana container yard adalah lapangan penumpukan petikemas kosong yang sudah terpakai atau akan dipakai oleh pihak importir/eksportir atau freight forwarder.

3. Container Freight Station, adalah warehouse atau pergudangan tempat konsolidasi barang/muatan dari beberapa pemilik yang disatukan ke dalam satu unit container. Kegiatan tersebut juga membutuhkan container yard untuk petikemas isi/kosong.

Kegiatan di dalam container yard meliputi:

1. Cargo dooring, yaitu kegiatan pemindahan petikemas dari dermaga ke lapangan penumpukan atau sebaliknya.

2. Lift on/lift off, yaitu kegiatan menurunkan petikemas dari atas chassis atau menaikannya ke atas chassis.

3. Receiving/delivery, yaitu kegiatan pengiriman petikemas dari container yard menuju lokasi consignee dan sebaliknya yaitu menerima petikemas dari alamat pengirim.

4. Shifting, yaitu kegiatan lift on/lift off atau stacking/unstacking atau pemindahan dari satu lokasi ke lokasi lain di dalam container yard disebabkan hal-hal tertentu seperti contohnya pengambilan petikemas yang tertumpuk di bagian bawah tumpukan petikemas.

Selain istilah-istilah kegiatan di atas, ada istilah lainnya yaitu BSRT di dalam container yard berfungsi untuk penetapan lokasi dimana petikemas di letakan di dalam container yard.

BSRT (Block Slot Row Tier) dapat saya uraikan sebagai berikut:

1. Block, artinya pengelompokan beberapa petikemas yang terdiri dari beberapa slot, row dan tier di dalam satu lokasi tertentu di dalam container yard.

2. Slot, artinya urutan petikemas dilihat dari sisi samping petikemas ke petikemas berikutnya di dalam satu block tertentu.

3. Row, artinya urutan petikemas dilihat dari sisi depan petikemas/pintu petikemas ke petikemas berikutnya di dalam satu block tertentu.

4. Tier, artinya urutan petikemas dilihat dari tumpukan petikemas terbawah ke petikemas berikutnya yang berada di atasnya di dalam satu block tertentu.

Mengenai pelabuhan mana saja yang memiliki container yard, bisa anda dapatkan di informasi pelabuhan di laman shipsapp.co.id

 

 

 

 

 

Tags

Add Comment

Pencarian :

Artikel Terbaru

Hadirkan perusahaan - Jasa dan produk anda

Untuk tampil dan hadir di tiap-tiap Pelabuhan Indonesia