>

Artikel details

Pengetahuan Umum tentang ShipsApp dan Maritim Indonesia

Buku Manual Keagenan

22 Januari 2021 | Panduan | Yuswan Armadian | 4673
foto

Setelah akun anda di verifikasi oleh tim ShipsApp, maka anda sudah bisa untuk mengakses akun anda, dan sudah bisa juga melengkapi informasi mengenai Ship Agent itu sendiri. Berikut beberapa Menu yang terdapat di halaman anda yaitu, Dashboard, Agent Port, Pemesanan, Review, Notifikasi, Penarikan Saldo, Upgrade Paket, Pembelian Paket, Profile dan Akun. Kita akan bahas satu persatu

1. Menu Dashboard

Gambar diatas merupakan tampilan menu dashboard anda, menu dashboard ini berfungsi agar anda mengetahui keseluruhan informasi dari tiap-tiap menu yang ada

2. Menu Agent Port
Anda bisa menambahkan Informasi terkait Perusahaan anda di menu ini dengan cara klik +Add, kemudian anda harus mengisi Form yang sudah disediakan dengan lengkap dan benar. Setelah selesai maka akan tampil seperti gambar dibawah

Terdapat dua pilihan menu lagi dalam Agent Port yaitu  Pengaturan Selengkapnya dan User Timesheet

a). Menu Selengkapnya

Gambar diatas menunjukkan tampilan dari Menu Selengkapnya, kemudian terdapat beberapa sub-menu yang wajib anda lengkapi informasinya. Karena akan berdampak pada pemesanan customer nanti.

-SETTING TARIF (EPDA) : Terdapat beberapa  tarif didalam sub menu ini yaitu : Rambu, Pandu, VTS, Labuh, Tambat, Dangerous Goods, Operasional, Kepil, dan Tunda. Dari semua tarif tersebut, anda SANGAT DIWAJIBKAN untuk mengisi semua tarif tersebut.
nb : Jika ada tarif yang tidak diisi, maka customer tidak akan bisa memesan layanan anda. Harap diperhatikan dengan baik.

-TAMBAH LAYANAN : Anda juga diwajibkan mengisi sub menu layanan ini, sub menu layanan ini adalah yang menunjukkan apa yang ingin anda tawarkan kepada customer nantinya atau layanan apa yang akan anda jual pada customer. Anda bisa mengklik +Tambah Layanan untuk menambah layanan anda seperti pada gambar dibawah ketika sudah selesai mengisi form.

-ATUR JAM OPERASIONAL: Sub menu yang satu ini wajib diisi dan disesuaikan dengan jam operasional dari perusahaan anda saat mulai bekerja

-UPDATE PMKU : Pastikan Sub menu ini juga diisi dengan benar, karena menyangkut izin usaha perusahaan anda.

b). Menu User Timesheet
User Timesheet ini berupa perseorangan yang akan mengakses akun yang anda buat untuk mengerjakan pesanan dari customer disuatu pelabuhan yang anda tempatkan (selain pelabuhan tempat Agent Port anda).

Contoh : Perusahaan anda berada di Pelabuhan Tanjung Perak, lalu anda menempatkan User Timesheet di Pelabuhan Tanjung Priok. Kemudian ada suatu pesanan dari customer untuk Pelabuhan Tanjung Priok. User Timesheet ini lah yang akan mengirim proses pekerjaan berdasarkan pemesanan dari customer kepada anda.

Anda bisa mengklik +Tambah Usertimesheet untuk menambahkan User Timesheet, dan lengkapi form yang sudah disediakan. Gambar dibawah menampilkan setelah selesai mengisi semua form.

Anda juga dapat mengedit profile, mengubah password User Timesheet, dan menon-aktifkan User Timesheet didalam menu Selengkapnya.

3. Menu Pemesanan
Jika anda sudah melengkapi Agent Port (Point no.2), maka seharusnya layanan yang anda buat pada pont no.2, sudah bisa dipesan oleh customer setelah dikonfirmasi oleh tim ShipsApp terkait kelengkapan data yang sudah anda masukkan. Seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar diatas menjelaskan bahwa pesanan sudah masuk teteapi masih dalam proses checking oleh tim shipsapp terkait pembayaran dari customer. Setelah diproses oleh tim shipsapp maka akan tampil seperti gambar dibawah ini

Anda bisa menerima atau menolak pesanan dari customer tersebut.

Jika anda menerima pesanan tersebut, maka akan tampil seperti gambar diatas. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menyelesaikan pesanan dari customer tersebut. Anda bisa mengatur progress pemesanan tersebut dengan mengklik layanan, maka akan tampil seperti gambar dibawah

Gambar diatas menunjukkan bahwa progress dari pemesanan sudah selesai semua, termasuk layanan tambahan (Kotak Merah Pada Gambar), Layanan tambahan ini adalah layanan yang sudah anda masukkan kedalam Agent Port, dan sesuai dengan kebutuhan customer.

Selanjutnya, saat pesanan sudah selesai maka, Pihak Customer akan menyelesaikan pesanan tersebut didata pemesan yang masih dalam status proses, customer juga bisa mereview hasil layanan dari mitra yang sudah di order

Terakhir, transaksi kedua belah pihak selesai, hingga Ship Agent mendapatkan saldo tambahan berdasarkan nilai pesanan yang telah selesai. Seperti pada gambar dibawah

4. Menu Review
Menu ini menampilkan hasil penilaian terkait layanan yang anda berikan kepada customer. Seperti gambar dibawah.

5. Menu Notifikasi
Ketika ada informasi yang masuk ke akun anda, maka anda bisa melihatnya di menu ini

6. Menu Upgrade Paket
-
Paket awal yang akan anda dapatkan saat baru mendaftar adalah paket Free selama 3 bulan, dan dapat menambahkan 1 Port Lokal.
-Paket Single (Tahunan) : Rp 1.000.000/tahun, untuk membeli 1 Port Lokal atau General
-Paket 2 (Tahunan) : Rp 1.000.000/tahun , untuk 3 Port Lokal atau General. Anda akan hemat ± 67% pertahun dari perhitungan Paket Single (Tahunan).
-Paket 3 (Tahunan) : Rp 3.000.000/tahun, untuk 12 Port Lokal atau General. Anda akan hemat ± 75% pertahun dari perhitungan Paket Single (Tahunan), dan ± 26% pertahun dari perhitungan Paket 2 (Tahunan)

Untuk lebih detail silahkan kunjungi artikel Upgrade Paket

7. Menu Pembelian Paket
Menu ini menampilkan seluruh detail dan riwayat pembelian paket yang sudah anda lakukan.

8. Menu Profile
Terkait Detail Profil anda, anda juga bisa merubah atau mengedit profil anda di menu ini

9. Menu Akun
Untuk merubah password akun anda, bisa menggunakan menu ini.

 

 

Komentar

Berikan masukan dan informasi yang positif untuk masyarakat luas

Copyright © 2021 | PT.Xspace Pratama Duta - PT.MDB | Maritime Applications. All Rights Reserved