>

Artikel details

Pengetahuan Umum tentang ShipsApp dan Maritim Indonesia

Agen

1 Desember 2020 | Mitra | Yuswan Armadian | 4627
foto

Agen - Pengertian agen adalah penyalur yang atas nama suatu perusahaan tertentu melakukan penjualan barang dan jasa hasil produksi dari perusahaan tersebut. Pendapat lain mengatakan pengertian agen adalah lembaga yang melaksanakan perdagangan melalui penyediaan barang atau jasa atau fungsi khusus yang berkaitan dengan penjualan atau distribusi barang. Akan tetapi mereka tidak memiliki hak untuk memiliki barang yang diperdagangkan tersebut.

Pada umumnya agen berperan sebagai perantara antara konsumen dengan perusahaan induk. Sedangkan suatu distributor bekerja atas nama perusahaannya sendiri di mana memiliki hak atas pembelian, penyimpanan, penjualan dan pemasaran barang barang tertentu.

Ciri-Ciri Agen
1. Jumlah barang yang dijual oleh agen umumnya lebih kecil dari distributor.
2. Wilayah pemasaran agen tidak begitu luas.
3. Agen membeli barang dalam jumlah banyak untuk dijual kembali ke reseller.
4. Sistem pembelian barang atau jasa dari distribusi dapat dilakukan dengan cara beli putus atau sistem komisi.
5. Biasanya agen tidak melayani pembelian langsung oleh konsumen.
6. Agen dapat membuka peluang menjadi reseller kepada pihak lain.
7. Agen hanya menjual produk dari satu produsen, dan tidak boleh menjual produk dari pesaing.
8. Menjadi agen tidak harus berbentuk badan usaha atau memiliki ijin badan usaha.

Jenis-Jenis Agen

1. Agen Penunjang
Agen penunjang ialah suatu kelompok agen yang dikhususkan untuk kegiatan dalam beberapa aspek pemindahan barang dan jasa. Pembagian agen ini diantaranya agen pengangkutan borongan (bulk transportation agent), agen penyimpanan (storage agent), agen pengangkutan khusus (speciality shipper) dan agen penjualan dan pembelian (purchase dan sales agent).

Kegiatan yang dilakukan agen penunjang ini yaitu untuk membantu dalam pemindahan barang barang sedemikian rupa sehingga bisa mengadakan hubungan langsung antara pembeli dan penjual. Intinya, fungsi agen penunjang yaitu untuk melayani kebutuhan kebutuhan dari setiap kelompok secara serempak.

2. Agen Pelengkap
Agen Pelengkap yaitu sebuah kelompok agen yang berfungsi dalam melaksanakan jasa-jasa tambahan dalam penyaluran barang dengan tujuan untuk memperbaiki jika ada kekurangan. Apabila pedagang atau lembaga lainnya tidak bisa melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan penyaluran barang, maka agen pelengkap yang menggantikannya pekerjaan tersebut. Ada beberapa jasa yang dilakukan oleh agen pelengkap di antaranya yaitu jasa pemilihan, jasa finansial, jasa informasi dan jasa khusus.

Selain itu, jasa pelengkap juga bisa dibedakan berdasarkan apa yang mereka tawarkan yakni digolongkan menjadi agen yang membantu di bidang keuangan, agen yang membantu juga mengambil keputusan (seperti lembaga, biro iklan, dokter), agen yang membantu dalam penyediaan informasi (televisi, radio, surat kabar) dan juga agen khusus yang tidak termasuk dalam golongan tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Menjadi Agen
Setiap model bisnis tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapun kelebihan dan kekurangan menjadi agen adalah sebagai berikut:

1. Kelebihan Menjadi Agen
a. Potensi keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan terbilang cukup besar.
b. Tidak perlu membuat atau menciptakan produk atau merek sendiri.

2. Kekurangan Menjadi Agen
a. Pada banyak kasus, untuk menjadi agen butuh modal yang cukup besar.
b. Agen harus memiliki tempat penyimpanan barang yang cukup memadai.
c. Ada risiko menanggung kerugian akibat kerusakan barang saat penyimpanan atau pengiriman.

Shipping Agent
Dalam bidang usaha Shipping Agent, Perseroan menyediakan layanan keagenan kapal sebagai Agen Umum atau Agen Penanganan untuk kapal yang berlabuh di semua pelabuhan di Indonesia. Perseroan menjadi Agen Penanganan di semua pelabuhan di Indonesia serta pelabuhan umum atau port tertentu. Kegiatan Perseroan juga mencakup penyediaan crew, penanganan bunker, penyediaan air dan kegiatan lain yang berhubungan dengan agen. Jasa Shipping Agent yang diberikan Perseroan, meliputi:

a. Menyiapkan formalitas/fasilitas.
b. Layanan untuk awak dan kapal.
c. Penyelesaian kewajiban keuangan (pencairan)

Tugas utama Shipping Agent adalah mewakili pemilik/principal dalam memenuhi persyaratan atau kewajiban bagi kapal yang tiba di Indonesia. Sedangkan tanggung jawab Perseroan meliputi:
a. Memastikan kelancaran kapal operasional di pelabuhan.
b. Menyelesaikan Kewajiban finansial.
c. Menyampaikan laporan realisasi kunjungan kapal-kapal di pelabuhan Indonesia

Komentar

Berikan masukan dan informasi yang positif untuk masyarakat luas

Copyright © 2021 | PT.Xspace Pratama Duta - PT.MDB | Maritime Applications. All Rights Reserved