Pelabuhan Tanjung Perak
Pelabuhan Tanjung Perak adalah sebuah pelabuhan yang terdapat di Surabaya, Jawa Timur. Secara administratif, pelabuhan Tanjung Perak termasuk ke dalam Kelurahan Perak Timur, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya. Di pelabuhan ini juga terdapat terminal peti kemas. Tanjung Perak merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk kedua di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok dan juga sebagai pusat perdagangan menuju kawasan Indonesia bagian timur. Pelabuhan Tanjung Perak menjadi kantor pusat PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III.
SEJARAH
Pelabuhan Tanjung Perak merupakan salah satu pelabuhan pintu gerbang di Indonesia,yang menjadi pusat kolektor dan distributor barang ke Kawasan Timur Indonesia,khususnya untuk Propinsi Jawa Timur. Karena letaknya yang strategis dan didukung oleh daerah hinterland Jawa Timur yang potensial maka Pelabuhan Tanjung Perak juga merupakan pusat pelayaran interinsulair Kawasan Timur Indonesia. Dahulu, kapal-kapal samudera membongkar dan memuat barang-barangnya melalui tongkang-tongkang dan perahu-perahu yang dapat mencapai Jembatan Merah (pelabuhan pertama pada waktu itu) yang berada di jantung kota Surabaya melalui Sungai Kalimas.
Karena perkembangan lalu lintas perdagangan dan peningkatan arus barang serta bertambahnya arus transportasi maka fasilitas dermaga di Jembatan Merah itu akhimya tidak mencukupi. Kemudian pada tahun 1875, Ir. W. de Jongth menyusun suatu rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak agar dapat memberikan kesempatan kepada kapal-kapal samudera membongkar dan memuat secara langsung tanpa bantuan tongkang-tongkang dan perahu-perahu. Akan tetapi rencana ini kemudian ditolak karena biayanya yang sangat tinggi. Baru pada sepuluh tahun pertama abad ke- XX, Ir.WB.Van Goor membuat suatu rencana yang lebih realistik yang menekankan suatu keharusan bagi kapal-kapal samudera untuk merapatkan kapalnya pada kade. Dua orang ahli di datangkan dari Belanda yaitu Prof.DR.J Kraus dan G.J. de Jongth untuk memberikan suatu saran mengenai pelaksanaan rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak.
Setelah tahun 1910, pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak dimulai. Selama dilaksanakan pembangunan, ternyata banyak sekali permintaan untuk menggunakan kade yang belum seluruhnya selesai itu, dengan demikian maka dilaksanakanlah perluasannya. Sejak saat itulah, Pelabuhan Tanjung Perak telah memberikan suatu kontribusi yang cukup besar bagi perkembangan ekonomi dan memiliki peranan yang penting tidak hanya bagi peningkatan lalu lintas perdagangan di Jawa Timur tetapi juga di seluruh Kawasan Timur Indonesia.
Fasilitas
- Kapal Pandu xxx
- Kapal Tunda
- Kapal Kepil
- Kapal Survey
- Kapal Gandeng
- Tongkang Air
- Kapal Sampah
- Kontainer Crane
- Transiter
- Forklift
- Top Loader
- Side Loader
- Truck Chasis
- Lapangan Peti Kemas
- Transiter Lapangan
- Super Trucker
- Head Truck Lapangan
- Panjang Pelabuhan
- Lebar Pelabuhan
- Kedalaman
- Kolam
- Dermaga
- Unit Gudang
- Lapangan Penumpukan
- Radio
- Cuaca
Fasilitas terdekat | Jarak |
---|---|
Rumah Sakit PHC Surabaya | 750 M |
Hotel Pacific | 1,2 KM |
Bandar Udara Internasional Juanda | 30,9 KM |
Dit Polair Polda Jatim | 1 KM |
Polres Pelabuhan Tanjung Perak | 800 M |
# | Nama | Jumlah |
---|---|---|
1 | Kapal Tunda | 9 Unit |
2 | Kapal Pandu | 3 Unit |
3 | Kapal Kepil | 3 Unit |
4 | Kapal Survey | 0 Unit |
5 | Kapal Gandeng | 0 Unit |
6 | Tongkang Air | 3 Unit |
7 | Kapal Pembersih Sampah | 0 Unit |
Nama radio | Call Sign | Band Radio | Frekuensi |
---|---|---|---|
PANDU TANJUNG PERAK | PKD 24 | VHF | 156.55, 156.6, 156.7, 156.8 |
PANDU TANJUNG PERAK | PKD 24 | VHF2W | 156.6, 156.7, 156.8 |
Panjang Pelabuhan | Lebar Pelabuhan | Kedalaman Pelabuhan |
---|---|---|
[ ] Meter | [ ] Meter | [ -6 ] Meter |
# | Tipe | Nama | Panjang | Kedalaman | Kapasistas |
---|---|---|---|---|---|
1 | Kapal Niaga | Dermaga Jamrud Utara | 1200 M | -9 M'LWS' | |
2 | Kapal Niaga | Dermaga Jamrud Barat | 217 M | -6 M'LWS' | |
3 | Kapal Niaga | Dermaga Jamrud Selatan | 800 M | -7 M'LWS' | |
4 | Kapal Niaga | Dermaga Kalimas | 2270 M | 2,5 M'LWS' | |
5 | Kapal Niaga | Dermaga Mirah | 640 M | -6 M'LWS' | |
6 | Kapal Niaga | Dermaga Berlian Timur | 780 M | -9,7 M'LWS' | |
7 | Kapal Niaga | Dermaga Berlian Utara | 140 M | -7 M'LWS' | |
8 | Kapal Niaga | Dermaga Berlian Barat | 700 M | -8,2 M'LWS' | |
9 | Kapal Niaga | Dermaga Nilam Timur | 920 M | -8 M'LWS' | |
10 | Kapal Niaga | Dermaga Domestik TPS | 450 M | -7,5 M'LWS' | |
11 | Kapal Niaga | Dermaga Internasional TPS | 1000 M | -10,5 M'LWS' | |
12 | Kapal Niaga | Dermaga Internasional TTL | 500 M | -10,5 M'LWS' | |
13 | Kapal Niaga | Dermaga Domestik TTL | 450 M | -9 M'LWS' |
Panjang | Lebar | Kedalaman |
---|---|---|
[ -6 ] |
Unit Gudang | [ 3 ] | Luas Total | [ 29.244 ] |
---|
Luas Konvensional | [ 110 ] | Luas Petikemas | [ 15,86 ] |
---|
Panjang | [ ] |
---|
Add Revies & Rate iteam
Bergabung bersama kami
Dapatkan layanan lebih dalam kemudahan memasarkan usaha dan produk anda