>

Artikel

Pengetahuan Umum tentang Shipsapp dan Maritim Indonesia

Perusahaan Bongkar Muat ( PBM )

Mitra | 21 November 2020 , Yuswan Armadian

Perusahaan Bongkar Muat ( PBM ) - Perusahaan Bongkar Muat adalah perusahaan yang diberi wewenang oleh pemerintah untuk melakukan kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan

Read More

Keagenan Kapal

Artikel | 21 November 2020 , Yuswan Armadian

Keagenan Kapal - Pengertian agen kapal ialah apabila suatu kapal berlabuh di suatu pelabuhan maka kapal tersebut memerlukan pelayanan dan mempunyai berbagai keperluan yang harus dipenuhi. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut perusahaan pelayaran yang tidak mempunyai cabang disuatu pelabuhan akan menunjuk perusahaan pelayaran lain yang berada di pelabuhan tersebut sebagai agen atau perwakilannya.

Read More

Perusahaan Pelayaran

Artikel | 21 November 2020 , Yuswan Armadian

Perusahaan pelayaran adalah badan usaha milik Negara atau swasta, berbentuk perusahaan negara persero, Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Comanditer (CV), dan lain-lain, yang melakukan usaha jasa dalam bidang penyediaan ruangan kapal laut untuk kepentingan mengangkut muatan penumpang (orang) dan barang (dagangan) dari suatu pelabuhan asal (muat) kepelabuhan tujuan (bongkar)

Read More

Dwelling Time

Artikel | 21 November 2020 , Yuswan Armadian

Dwelling Time - Dwelling Time adalah proses yang dibutuhkan sejak barang turun dari kapal atau barang ditimbun sampai barang keluar dari pelabuhan.

Read More

Demurrage

Artikel | 21 November 2020 , Yuswan Armadian

Demurrage - Demurrage adalah denda atau kompensasi yang dibayarkan kepada pemilik kapal akibat keterlambatan muat atau bongkar muatan.

Read More

Jenis-Jenis Port Untuk Kapal

Seputar Industri Perkapalan | 14 Oktober 2020 , Pauls Sihombing

Jenis-Jenis Port Untuk Kapal - Port dapat dipahami sebagai wilayah atau pelabuhan yang menjadi tempat terjadinya transaksi pengangkutan secara periodik maupun konstan, serta pemberhentian sejumlah kapal. Sebuah port dapat saja berkembang secara alami atau dikonstruksi secara artifisial. Letaknya bisa ditepi lautan luas atau jalur air daratan seperti danau dan sungai. Ia menyediakan tempat bagi kapal untuk melakukan bongkar muat kargo. Kedalaman air pada port menentukan jenis kapal apa saja yang dapat berlabuh di sana.

Read More


Tags

Copyright © 2021 | PT.Xspace Pratama Duta - PT.MDB | Maritime Applications. All Rights Reserved