>

Artikel details

Pengetahuan Umum tentang ShipsApp dan Maritim Indonesia

Standard Minim UNCCTAD untuk agen Pengirim

2 Januari 2021 | Artikel | Yuswan Armadian | 18187
foto

Standar Minimum berikut disiapkan oleh sekretariat United Nations Conference On Trade And Development (UNCTAD) dalam konsultasi langsung dengan organisasi yang terlibat dalam hal agen pengiriman, sebagai tanggapan atas permintaan dari Unctad Ad hoc Intergovernmental Group untuk Mempertimbangkan Sarana Memerangi semua Aspek Penipuan Maritim, termasuk Pembajakan.

I. TUJUAN
Tujuan dari Standar Minimum ini adalah: 
(a) Untuk menjunjung tinggi standar etika bisnis dan perilaku profesional di antara agen pengiriman; 
(b) Untuk memberikan layanan yang efisien; 
(c) Mendorong pengoperasian agen pengiriman yang sehat secara finansial dan stabil;
(d) Berkontribusi memerangi penipuan maritim dengan memastikan peningkatan layanan oleh agen pengiriman yang lebih berkualitas; 
(e) Memberikan pedoman bagi otoritas nasional/asosiasi dalam membangun dan memelihara sistem lembaga pengiriman yang sehat.

II. DEFINISI
"Agen pengiriman" berarti setiap orang yang terlibat atas nama pemilik, atau operator kapal, atau pemilik kargo, dalam menyediakan layanan pengiriman 

"Otoritas nasional" berarti badan yang dibentuk berdasarkan hukum nasional untuk melaksanakan undang-undang yang mengatur perizinan/ pendaftaran agen pengiriman.

"Asosiasi profesional" berarti organisasi yang dibentuk untuk tujuan: 
(i) Menyediakan organisasi pusat bagi mereka yang terlibat dalam profesi agen pengiriman;
(ii) Menetapkan dan menjunjung tinggi standar perilaku dan praktik bagi profesi; 
(iii) Memberikan pengawasan terhadap anggota dan mengamankan standar profesional tersebut sebagaimana dapat membantu mereka dalam pelaksanaan tugas mereka.

"Pemeriksaan profesional" berarti pemeriksaan yang dilakukan pada subjek yang secara khusus terkait dengan profesinya untuk memastikan pengetahuan dan keahlian yang memadai.

III. KUALIFIKASI PROFESIONAL
Untuk dianggap berkualitas secara profesional, agen pengiriman harus: 
(a) Memiliki pengalaman dalam profesi yang ditekuni selama setidaknya tiga tahun dalam kapasitas yang bertanggung jawab; 
(b) Bereputasi baik dan mampu menunjukkan hasil reputasi dan kompetensinya dengan baik. Misalnya dengan hasil pemeriksaan positif dan persetujuan yang menandakan setidaknya dua agen memberikan reputasi baik yang berada dalam satu wilayah bisnis dan kegiatannya; 
(c) Telah lulus ujian profesional seperti yang diwajibkan oleh otoritas nasional / asosiasi profesional yang relevan. Ruang lingkup dan rincian pemeriksaan tersebut harus ditentukan oleh otoritas/ asosiasi profesional tersebut; 

Dalam suatu perusahaan, mempekerjakan orang-orang tersebut secara profesional sebagaimana memenuhi syarat seperti di atas untuk memastikan kinerja yang tepat dari fungsi entitas sebagai agen.

IV. KUALIFIKASI KEUANGAN 
Untuk dianggap sehat secara finansial, perusahaan dan agen pengiriman secara individual harus: 
(i) Memiliki sumber daya keuangan yang memadai untuk bisnisnya yang dibuktikan dengan referensi dari bank, lembaga keuangan, auditor dan perusahaan kredit terkemuka, untuk memeberikan kepercayaan kepada otoritas nasional / asosiasi profesional; 
(ii) Memiliki asuransi yang memadai melalui perusahaan asuransi atau klub bersama yang diakui secara internasional untuk mencakup semua kewajiban profesional. 

Langkah-langkah ini harus diambil untuk memastikan bahwa standar keuangan di atas terus dipenuhi. Langkah Ini akan dicapai melalui pengawasan tahunan agen pengiriman oleh otoritas nasional / asosiasi profesional.

V. KODE ETIK PROFESIONAL AGEN PENGIRIMAN 
(i) Mengutamakan kejujuran, integritas dan keadilan dalam setiap tugasnya; 
(ii) Menerapkan standar kompetensi agar dapat berjalan dengan teliti, tekun, dan efisien seluruh layanan yang dilakukan sebagai agen pengiriman; 
(iii) Mencermati semua peraturan perundang-undangan nasional dan peraturan lain yang relevan dengan tugas yang dijalaninya; 
(iv) Selalu untuk tetap waspada dari gerak-gerik penipuan; 
(v) Memanajemen uang dengan hati-hati untuk kepentingan yang lebih utama dahulu.

VI. OTORITAS 
Asosiasi profesional, harus memastikan bahwa aturan ini dipatuhi. Dalam kasus ketidakpatuhan yang terbukti, mereka harus melaukakn tindakan yang disiplin, seperti :
(i) Peringatan; 
(ii) Persyaratan khusus untuk tetap melakukan usaha sebagai agen pengiriman; 
(iii) Penghentian sementara keanggotaan dari asosiasi profesi terkait; 
(iv) Penghentian sementara otorisasi untuk beroperasi sebagai agen pelayaran;
(v) Penghentian keanggotaan dari asosiasi profesional terkait; 
(vi) Pembatalan otorisasi untuk beroperasi sebagai agen pelayaran.

VII. KEPATUHAN
Agen pengiriman yang sudah beroperasi yang tidak memenuhi standar di atas akan diberikan kesempatan berupa jangka waktu untuk menyesuaikannya dengan persyaratan.

Source : Distr. GENERAL UNCTAD/ST/SHIP/13 7 September 1988

Komentar

Berikan masukan dan informasi yang positif untuk masyarakat luas

Copyright © 2021 | PT.Xspace Pratama Duta - PT.MDB | Maritime Applications. All Rights Reserved