Shortcourse adalah salah satu jenis perkuliahan singkat yang biasanya berdurasi selama 1 hingga 8 minggu. Bentuknya bisa berupa pertukaran mahasiswa, pelatihan mengenai studi ilmu tertentu, dan pengenalan budaya serta pendidikan di negara penyelenggara atau universitas di seluruh dunia. Jenis perkuliahan singkat ini ada yang berbayar, ada pula yang berbentuk beasiswa.

MANFAAT SHORTCOURSE
Bagi mahasiswa yang kuliah di luar negeri atau mungkin dalam negeri, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan jika libur panjang tiba. Bukan sekadar liburan untuk bersenang–senang, ada banyak workshop, kelas khusus, seminar atau,short course untuk mahasiswa yang bisa diikuti.

Short course atau kursus singkat menjadi cara yang banyak ditempuh oleh mahasiswa untuk mendapatkan keterampilan baru di masa liburan, khususnya liburan musim panas yang panjang. Materi yang disampaikan di short course biasanya berkaitan dengan keterampilan yang relevan melalui praktik di dunia nyata.

Ada banyak sekali pilihan short course yang bisa diambil. Salah satunya pertukaran mahasiswa atau belajar bahasa asing langsung ke daerah asalnya. Lantas, apa saja manfaat yang bisa  didapatkan dari kegiatan short course untuk mahasiswa ini?

1. Mendalami Bidang Studi Yang Tidak Diajarkan Di Kampus
Keuntungan pertama dari short course untuk mahasiswa adalah bisa mempelajari materi yang tidak diajarkan di jurusan. Anda bisa menganggap short course ini sebagai pilihan untuk mendalami spesialisasi tertentu untuk melihat sudut pandang yang berbeda. Anda bisa saja menemukan hal yang menarik dari materi yang selama ini hanya anda anggap sebagi hobi semata.

2. Memperluas Kemampuan Menghadapi Dunia Kerja
Dengan jumlah pesaing yang semakin banyak, industri apapun menuntut para pekerjanya mampu melakukan berbagai pekerjaan sekaligus (multitasking). Shortcourse untuk mahasiswa ini bisa anda manfaatkan untuk menambah kemampuan menghadapi dunia kerja. Ambil pilihan studi yang paling dekat dengan jurusan anda agar kelak membantu mendapatkan nilai lebih di mata perusahaan tempat anda bekerja

3. Menambah Elemen di Dalam CV
Shortcourse adalah kegiatan akademis tambahan yang bisa anda masukkan ke dalam CV sebagai pengalaman tambahan. Jika anda menginginkan pekerjaan yang bagus atau peluang perekrutan yang lebih tinggi dari rekan-rekan satu jurusan anda, shortcourse akan sangat membantu. Jika studi yang anda pelajari berhubungan pekerjaan yang akan kelak dikerjakan, perusahaan pasti akan dengan senang hati menerima anda untuk bekerja di perusahaannya.