ShipsAPP

Shipsapp Indonesia

Maritim Directory...Ajang berkumpul usaha Pelabuhan | Nelayan dan Wisata bahari
>

Details Sejarah Pelabuhan Lembar

Pengetahuan Umum tentang ShipsApp dan Maritim Indonesia

Sejarah Pelabuhan Lembar

29 Januari 2021 | Sejarah Pelabuhan

Sejarah Pelabuhan Lembar dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Sejarah Pelabuhan Lembar - Pelabuhan Lembar adalah sebuah pelabuhan yang terletak di Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Pelabuhan Lembar merupakan pelabuhan yang melayani kapal barang dan kapal penumpang. Saat ini pelabuhan Lembar juga telah dilengkapi dengan loket 24 jam, mushola dan ruang tunggu untuk kendaraan yang akan menyeberang. Setiap minggunya kapal penumpang milik PT Pelni yakni KM Tilongkabila juga bersandar di Pelabuhan Lembar.

Sejarah Pelabuhan Lembar

Awalnya, Pelabuhan Lembar ini berada di Ampenan, Mataram. Tetapi kemudian Pelabuhan Pantai Ampenan di pindah ke daerah Lembar pada tahun 1977. Tahun 1933, industri pariwisata Nusa Tenggara Barat tengah berkembang. Sehingga ada kegiatan angkutan kapal penyeberangan kapal cepat dari Pelabuhan Lembar menuju ke Benoa, Bali (PP) menggunakan kapal cepat Hydro Foil dengan jumlah penumpang perhari ratusan orang.

Pada tanggal 30 November 1994, pemerintah menetapkan Pelabuhan Lembar sebagai daerah bebas visa. Hal inilah yang kemudian membuat Pelabuhan Lembar banyak dikunjungi oleh wisatawan Mancanegara terutama pada musim-musim tertentu.

Sejarah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Nusa Tenggara Barat (disingkat NTB) ialah sebuah provinsi di Indonesia yang berada pada bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi ini beribu kota di Mataram dan memiliki 10 Kabupaten dan 2 Kota, termasuk kota Mataram. Jumlah penduduk Nusa Tenggara Barat tahun 2019 berjumlah 5.070.385 jiwa.

Sejarah Pelabuhan Lembar

Pada awal kemerdekaan Indonesia, wilayah ini termasuk dalam wilayah Provinsi Sunda Kecil yang beribu kota di Singaraja. Kemudian, wilayah Provinsi Sunda Kecil dibagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur.

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara masyarakat Bima (suku Mbojo) dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam, dengan konsentrasi 96,11%.

Komentar

Berikan masukan dan informasi yang positif untuk masyarakat luas

Copyright © 2021 | PT.Xspace Pratama Duta - PT.MDB | Maritime Applications. All Rights Reserved | Disclaimer