Search
Pencari Kerja Bergabung

Radar Simulator

Radar Simulator

Radar Similator (RS) training adalah diklat keterampilan pelaut tentang bagaimana mengamati pergerakan kapal yang terlihat di radar, mengenali potensi ancaman tabrakan dan bagaimana mengambil tindakan untuk menghindari tabrakan. Peserta akan bertindak sebagai nakhoda atau perwira petugas jaga yang mendapatkan tugas komando di atas kapal. Latihan dengan kompleksitas yang meningkat akan dihadirkan untuk memberikan praktik realistis dalam penggunaan radar untuk navigasi dan menghindari tabrakan di perairan terbatas dengan lalu lintas padat. Setiap latihan akan dilanjutkan dengan diskusi untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk menganalisa tindakan yang diambil serta mendiskusikan kemungkinan lain sebagai alternatif.

Tujuan diklat ini agar peserta mampu menggunakan radar secara efisien dan efektif sebagai alat bantu navigasi di perairan padat dan terbatas, mengenali potensi ancaman dan membuat keputusan navigasi serta mampu menghindari tabrakan yang valid berdasarkan pengamatan radar suara dan merencanakannya sesuai peraturan internasional untuk mencegah tabrakan di laut (COLREG) 1972 (International Regulation for Preventing Collisions at Sea). Melalui diklat ini peserta diharapkan mampu menyadari waktu yang dibutuhkan untuk memahami bahwa situasi berbahaya sedang berkembang, lalu memutuskan dan mengambil tindakan yang tepat untuk memastikan bahwa tindakan tersebut memadai dan tidak menimbulkan konflik lebih lanjut dengan kapal lain. 

Dimana bisa mendapatkan diklat?

Sekarang sudah dengan mudah kita dapatkan penyelenggara short course untuk pelaut dan bidang maritim lainnya. Diantaranya bisa dilihat di laman shortcourse shipsapp.

Tags

Add Comment

Pencarian :

Artikel Terbaru

Hadirkan perusahaan - Jasa dan produk anda

Untuk tampil dan hadir di tiap-tiap Pelabuhan Indonesia