Search
Pencari Kerja Bergabung

Fender

Fender

Fender adalah alat untuk menahan benturan kapal dengan kapal atau kapal dengan dermaga yang pada umumnya terbuat dari bahan karet, busa elastomer atau plastik.

Dalam dunia pelayaran, fender digunakan untuk menyerap energi kinetik kapal atau energi absoption kapal yang bersandar di dermaga, atau bersandar di kapal lain ketika kapal bergerak dikarenakan gelombang laut.

Fender digunakan untuk semua jenis kapal untuk menghindari kerusakan lambung kapal dan struktur dermaga atau jetty.

Fender memiliki daya serap energi momentum yang tinggi dan memiliki gaya reaksi yang rendah. Sehingga fender mampu menjaga dengan baik agar tidak terjadi kerusakan akibat benturan antara kapal dangan kapal atau kapal dengan dinding dermaga.

Untuk kapal-kapal jenis tertentu, fender selalu tersedia di atas kapal yang dapat digunakan sewaktu dibutuhkan. Misalnya ketika sandar di dermaga, melakukan kegiatan transhipment/ship to ship atau ketika kapal sedang melakukan manuver di alur sempit.

Fender juga pada umumnya terpasang di dinding dermaga dengan ketinggian yang disesuaikan jenis kapal yang diperuntukan sandar di dermaga tersebut. Jenis fender yang terpasang juga bervariatif disesuaikan kebutuhan.

Jenis fender bervariatif, diantaranya yaitu:

1. Fender Type V, yaitu fender yeng berbentuk huruf V yang biasanya digunakan di dermaga tipe quay wall yang sejajar dengan bibir pantai. 

2. Fender Type Super Cell, yaitu fender berbentuk silinder yang divilkanisir pada kedua sisinya, dan ditempel secara permanen pada kolomnya. biasanya fender tipe ini digunakan pada dermaga/jetty dolphin.

3. Fender Type Super Cone, yaitu fender berbentu corong/kerucut yang dilengkapi dengan frontal frame.

Tags

Add Comment

Pencarian :

Artikel Terbaru

Hadirkan perusahaan - Jasa dan produk anda

Untuk tampil dan hadir di tiap-tiap Pelabuhan Indonesia