>

Artikel details

Pengetahuan Umum tentang ShipsApp dan Maritim Indonesia

Ekspedisi Muatan ( Freight Forwarding Service )

21 November 2020 | Artikel | Yuswan Armadian | 1589
foto

Ekspedisi Muatan ( Freight Forwarding Service ) - Ekspedisi Muatan ( Freight Forwarding Service ) adalah Jasa atau sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang keagenan yang mengurusi pengiriman dan penerimaan barang Export dan Import. Freight forwarding service ini bisa dikatakan sebagai Shipping Agent / Carrier.

Apa Yang Ditawarkan Freight Forwarding Service ?
Mereka menawarkan jasa pengiriman / penerimaan cargo baik untuk export maupun import, dengan menggunakan service udara atau laut dengan berbagai variasi harga dan service pelayanan. Artinya, servive pengiriman yang ditawarkan oleh freight forwarding service itu jauh lebih bervariasi daripada Shipping Agent.

Sederhananya, freight forwarding service merupakan jasa pengangkut barang dari pelabuhan ataupun terminal menuju ke pihak importir. Pemberi jasa ini bertugas untuk mengurusi seluruh hal yang berkaitan dengan pengangkutan barang tersebut.

Kegiatan ini akan terus dimonitor sampai akhirnya barang sampai ke tangan importir. Setelah diterima, pekerjaannya berakhir dan pemberi jasa bisa mengambil biaya jasanya sesuai ketetapan yang diberlakukan.

Penyedia jasa pengangkutan barang ini terkadang tidak memiliki alat transportasi untuk menampung barang. Walaupun demikian, perusahaan ini tidak bisa dikatakan buruk. Pasalnya, perusahaan tersebut bisa mengupayakan semaksimal mungkin dengan bekerjasama dengan pihak lain untuk memuluskan kinerjanya.

Singkatnya, perusahaan ini dipahami sebagai jasa ekspedisi barang. Perusahaan akan mengupayakan berbagai hal untuk menempatkan barang di pelabuhan untuk kegiatan ekspor. Begitupun akan berusaha mengambil barang yang mana telah diimpor oleh importir setelah sampai ke terminal ataupun pelabuhan.

Kondisi semacam ini jelas membutuhkan berbagai persyaratan. Perusahaan yang berpengalaman tentu akan mampu mengatasi berbagai masalah yang timbul dengan sangat sigap. Melalui pengalamannya selama beberapa tahun, kegiatan penempatan ataupun pengambilan barang akan lebih cepat sehingga memberikan rasa aman bagi perusahaan yang menggunakan jasanya.

Jenis Pelayanan Freight Forwarding Service
Ada 4 jenis pelayanan yang diberikan oleh perusahaan pemberi jasa transportasi ini. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Port To Port
Layanan ini sangat singkat dan paling sederhana dibandingkan layanan lain yang ditawarkan oleh perusahaan jasa. Kegiatan yang dilakukan hanya sekedar menerima barang di pelabuhan saja. Setelah barang diterima, perusahaan akan menyerahkan barang ke pelabuhan yang dituju untuk proses bongkar muatan. Sisanya, pihak importirlah yang akan mengurusi pengambilannya sampai ke gudang.

2. Port To Door 
Layanan yang kedua ini memberikan gambaran pekerjaan dari jasa freight forwarding dalam proses pengangkutan muatan dari pelabuhan di tempat pembongkaran. Setelah barang dibongkar, perusahaan akan mengambilnya dan mengantarkannya ke gudang penerima sesuai yang dijanjikan.

Jika dilihat dari pekerjaannya, tanggung jawabnya hanya terbatas pada pengambilannya di lokas pembongkaran muatan. Barang akan diperiksa, lantas didistribusikan ke gudang penerima saja. Sementara urusan pengiriman dari Port satu ke Port pembongkaran bukan menjadi tanggung jawabnya.

3. Door To Port
Layanan ini hanya terbatas untuk mengurusi keberangkatan barang saja di jalur pengiriman barang. Ketika sudah dikirimkan melalui jalur laut, pekerjaannya dianggap sudah selesai.

Alurnya ialah perusahaan akan bertindak sebagai pengambil barang dari gudang pengekspor. Kemudian barang tersebut diantarkan ke terminal atau pelabuhan. Setelah itu, perusahaan akan menangani sejumlah kegiatan sampai akhirnya barang diberangkatkan melalui moda transportasi yang digunakan semisal masuk kapal.

4. Door To Door
Layanan ini memungkinkan pihak forwarder untuk mengantarkan barang dari gudang pengirim sampai ke gudang penerima. Tentunya, beberapa tahapan yang panjang akan dilalui. Diantaranya adalah pengambilan barang dari gudang ke pelabuhan, dari pelabuhan ke pelabuhan lainnya, lantas dari tempat bongkar sampai ke tempat penerimanya.

Prosesnya yang panjang dan memakan waktu lama membuat pekerjaannya semakin berat. Dan tarif yang dibebankan ini sebanding dengan jasa angkut yang ditawarkan. Namun ini sangat bermanfaat untuk menjamin proses pengiriman barang yang lebih aman.

Komentar

Berikan masukan dan informasi yang positif untuk masyarakat luas

Copyright © 2021 | PT.Xspace Pratama Duta - PT.MDB | Maritime Applications. All Rights Reserved